Rabu, 2 Januari 2013 Malam

KJ.367 : 1,2

Bersyukur dan Berpengharapan
Mazmur 9 : 12 – 21


 “Supaya aku menceritakan segala perbuatan–Mu yang terpuji dan bersorak – sorak di pintu gerbang puteri Sion karena keselamatan yang dari pada–Mu.” (ayat 15).

Mengucap syukur di kala suka tidaklah sulit. Bagaimana kita mengucap syukur jika hari ke dua di tahun baru ini sudah banyak persoalan yang kita hadapi? Mungkin kita masih bias bersyukur, atau mungkin hanya sebatas di mulut saja.
Mazmur 9 : 12 – 21 memberikan nuansa yang tidak biasa? Pada ayat 12 dan 15, dengan lantangnya diserukan agar umat mengucap syukur dan bersaksi tentang Allah; padahal ayat 14, 19 – 20 diungkapkan keadaan umat yang penuh sengsara, berhadapan dengan maut; keadaan penantian yang panjang bahkan seolah ‘terlupakan’ dan ‘tidak dibela’. Dalam keadaan demikian, umat Allah tetap bersyukur dan berpengharapan hanya kepada Allah. Kenyataan hidup yang sulit dan menyengsarakan, tidak meruntuhkan keyakinan umat kepada Allah. Umat mengenal dengan benar bahwa Allah setia dan berkuasa (13,14,17). Itu menjadi fondasi iman yang kokoh untuk menghadapi berbagai kenyataan hidup sekaligus memberikan kesaksian kepada banyak orang melalui syukur pengharapan kepada Allah (ayat 12,15,21).
Malam ini kita panjatkan syukur kepada Allah atas hari yang telah kita lalui bahkan yang masih terbentang dihadapan kita. Kita bersyukur atas segala yang kita terima, tetapi juga bersukur dalam pengharapan untuk segala sesuatu yang akan kita terima. Allah yang setia dan berkuasa, senantiasa menyertai dan berkarya dalam situasi apapun di kehidupan kita. Kita bersyukur dan berharap hanya pada Dia yang setia dan berkuasa).

KJ.367 : 3,4
 
Doa : (Ya Allah, syukur kami untuk pemeliharaan – Mu dihari ini yang menjadi pengharapan kami untuk hari esok dan seterusnya)

Pos ini dipublikasikan di RENUNGAN HARIAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s